Monday, 23 November 2015

OJT YUK.!

Bagi Siswa atau Mahasiswa yang mengambil program pendidikan profesi.maka ada satu mata pelajaran atau mata kuliah yang harus dilengkapi.
Yaitu ON THE JOB TRAINING (OJT)atau Praktek Kerja Lapangan (PKL) ,Kuliah Kerja Nyata (KKN)sesuai jurusannya.
Hikmah OJT adalah siswa akan makin terasah keahliannya,
Akan mampu mempraktekkan secara nyata teori-teori pelajaran yang sudah dipelajari,
Mampu belajar menghandle troube yang terjadi sesuai jenis dan permasalahannya sesuai situasi dan kondisi.
Akan dipaksa untuk terus memperbaiki kemampuan akademis dan komunikasi.
Karena didunia kerja nyata yang kita hadapi adalah permasalahan nyata yang menuntut penyelesaiannya segera.
Dengan OJT siswa akan lebih mampu berinteraksi dengan tepat dan benar serta bagaimana bersikap,berpenampilan dan bertutur kata,baik dengan atasan,sesama rekan kerja dan tamu yang datang.
Kunci sukses OJT,
Siswa harus mengetahui jadwal kantor.
Datang tepat waktu ataupun lebih awal sangat dianjurkan.
Memberi kabar apabila berhalangan dan datang terlambat.
Inggat absensi anda juga diperhatikan dan menjadi salah satu poin penilaian.
Bila datang awal persiapkan peralatan yang diperlukan untuk kegiatan harian.
Siap dengan peralatan ATK pribadi seperti pulpen dan notes kecil.
Memahami Struktur Jabatan dan personal nya
Paham dengan job desk nya.
Memperhatikan tugas yang diberikan,dan bertanya apabila kurang paham atau tidak mengerti.
Mengerjakan dengan dengan hati dan ceria.
Menjaga sopan santun, penampilan dan tutur kata.
Disiplin,rapi,kreatif dan pandai membaca situasi.
Mencatat apa saja ilmu baru yang sekiranya kita sulit untuk memahami,dan mempelajarinya terus.
Selalu meminta ijin untuk memakai peralatan kantor.
Inggat OJT adalah rangkaian penilaian kemampuan kerja kita,
Manfaatkan waktu OJT untuk persiapan diri bekerja didunia kerja nyata.
Jangan ragu bertanya dan inggatlah dengan baik  tugas yang diberikan,buat rangkuman nya.
Dan tanamkan didalam diri anda ,"Bahwa Saya saat ini sedang bekerja".
Jangan ragu meminta ijin dan diajarkan cara menggunakan peralatan kantor yang ada.
Jaga kerapian dan kebersihan lingkungan tempat kerja anda,walaupun mungkin ada petugas kebersihannya.
Salam sukses dunia akherat.
Amin.

No comments:

Post a Comment