Thursday 26 November 2015

KEGIATAN MICROTEACHING DI LPPI BRAWIJAYA -TSUEN WAN

MICROTEACHING
Merupakan Salah Satu Mata Kuliah Praktek Di PG PAUD LPPI BRAWIJAYA-TSUEN WAN,Bagi Mahasiswa yang masih Aktif mengikuti Pendidikan,Amini saran kan jangan menganggap remeh,Ikuti prosesnya ,yang aktif dan jangan lupa dicatat.Karena Mata Kuliah satu ini sangat berkaitan erat dengan Mata Kuliah Akhir ,yaitu Pembuatan RKH.
Microteaching memiliki tujuan akhir Agar Setiap Mahasiswa memiliki daya kreasi cipta atau mampu membuat sendiri APE dan Bahan Ajar sendiri yang murah,mudah,dan tepat,serta mampu merencanakan,menyusun dan  mempraktekkan, Bahan Ajaran atau mengajar di Kelas dengan APE apapun sesuai dengan usia Anak.
Persiapan Microteaching Harus diperhatikan oleh setiap Mahasiswa Dimulai Persiapan pemilihan Tema,sub tema,Jenis APE dan lagu dan serta Metode Pengajaran yang akan diGunakan disesuaikan dengan Usia Anak.Apabila sudah siap Bahannya dan mendapat kan persetujuan Dosen Pembimbing maka ia akan Lanjut ke Proses Praktek Dikelas.
Dari sini dinilai Sikap,Kreatifitas,Ketepatan,Kemampuan dan Penguasan kelas agar tujuan pembelajaran kelas sesuai usia anak tercapai,Karena seorang Guru harus mampu menjadi Pusat perhatian,moderator,pengendali,penyedia sarana,pembimbing,dan pemberi motivasi kepada siswa agar aktif dan senang belajar .Serta Jangan Lupa diselipkan Pesan Moral kepada Anak disetiap Pembelajaran agar Karakter Mulia tertananam dengan Sempurna.
Dari Mata Kuliah Microteahing ini Para Mahasiswa diharapkan mampu saling berbagi ketrampilan baik dari pengenalan dan pembuatan APE  Baru,kreasi Lagu atau jingle,sikap,metode,dan penyampaian tema yang tepat,kepada sesama rekan Mahasiswa.
Lalu apa Tugas Mahasiswa yang  menjadi peserta ?
Tentu saja aktif mengikuti Kegiatan Microteaching dan wajib mencatat,memahami serta mampu menangkap ilmu baru ,sebagai bahan tambahan didalam menyusun atau menyelesaikan tugas semester Akhir,yaitu pembuatan RKH (Rencana Kegiatan Harian) nantinya.
Tujuan Utama Proses Pendidikan adalah Setiap Mahasiswa Profesi Guru yang merupakan Calon Guru harus menyadari bahwa mereka nanti akan bekerja dan terjun mengabdi di masyarakat berbaur dengan sesama rekan Guru,tokoh masyarakat,kepala sekolah,orang tua wali murid dan tentu saja siswa itu sendiri.
Mahasiswa PGPAUD LPPI BRAWIJAYA TSUEN WAN wajib aktif,kreatif,cerdas bersikap ,terus mengembangkan kercayaan diri dan terus belajar khasanah ilmu baru,yang bersangkutan dengan  anak usia dini dan harus mampu bekerja sama dengan rekan nya Dan seluruh keluarga besar Wanita Peduli.
Karena sekolah adalah media utama dan nyata pembentukan Karakter setiap Siswa dan Mahasiswanya yang Paham,konsisten ,disiplin dan Fokus akan Proses serta Syarat Akademik dan Administrasi yang sudah Ditetapkan oleh Lembaga Pendidikan.
Sehingga diharapkan Alumni akan siap setiap saat  terjun secara Profesional sesuai bidang ilmunya , mengabdi di masyarakat nantinya tanpa perlu disalurkan.Karena mereka memahami,menjiwai,menyadari dan mencintai Profesinya.
KEEP ISTIQOMAH PEJUANG ILMU,SEMOGA MAMPU MENAMBAH SPIRIT DALAM PEMBELAJARAN.AAMIIN

No comments:

Post a Comment