Tuesday 17 November 2015

Bersiap Melamar Pekerjaan dan diterima Kerja.

Sobat Amini Djuwadi yang  akan melamar kerja,ada hal penting dan utama yang harus kita siapkan saat melamar kerja.

Siap Mental adalah utama karena tanpa persiapan Mental yang baik kita akan ragu ragu dan merasa minder saat mengajukan atau mengirimkan surat lamaran.Istilahnya sudah kalah sebelum Perang.

seperti saat kita mau menikah ,tanpa mental yang kuat maka kita tak akan berani melangkah ke jenjang Pernikahan.(Ini saya dapatkan dari yang sudah menjalani Pernikahan)

Setelah Mental yang kuat dan mantap serta Percaya diri dan penuh optimis akan Kemampuan diri (tapi bukan sombong) maka persiapan kita selanjutnya adalah memenuhi atau menyiapkan syarat administrasi proses melamar kerja yaitu berupa surat lamaran kerja plus fotocopy ijasah pendukung dan pas foto terbaru.

Sahabat Amini Pastilah sudah bisa membuat Surat lamaran pekerjaan dan Daftar Riwayat Hidup atau disebut juga sebagai  Curriculum Vitae (CV) bukan?

Curriculum Vitae merupakan dokumen data diri anda yang bernilai plus dimata para perekrut tenaga kerja atau perusahaan .Untuk membuat CV yang baik dan kreatif perlu kita lakukan karena CV merupakan data informasi diri kita dalam bentuk tulisan.

Format CV bermacam-macam namun pada umumnya terdiri dari:
Fomat Curriculum Vitae (CV)
Data Identitas Diri (Nama, TTL, dll)
Riwayat Pendidikan Formal dan Normal/Pelatihan
Penghargaan yang Pernah Diraih
Riwayat Pengalaman Kerja
Keahlian
Riwayat Pekerjaan
Format CV yang Baik dilengkapi Pass Foto terbaru ukuran 3x4 cm,dan jangan lupa tanda tangan kamu dan tanggal ya.

Surat lamaran dan CV adalah satu paket,bisa diketik atau pun tulisan tangan dan dikirim via e-mail,ataupun dikirim Via Jasa Pos atau dibawa langsung ke instansi tujuan.

Nah ini jenis pelamar tangguh alias Siap MENTAL Dimana ia sendiri langsung membawa surat lamaran kerja dan cv plus seluruh berkas dokumen dari ijasah ,pass poto diri dan berkas kelengkapan lainnya ke alamat kantor atau perusahaan yang dituju dan sabar menanti kesempatan untuk sesi interview .

Tetapi ada juga jenis perusahaan bonafit yang memiliki form /draft lamaran dan CV sendiri yang harus diisi si pelamar kerja saat berada di kantor HRD mereka.
Dan tinggal melengkapi berkas dokumen lain yang diperlukan.

Serta langsung melakukan sesi perekrutan lanjutan ,seperti test kesehatan mulai dari test urine,ukur tinggi badan,berat badan,dan test mata.
Bahkan ada yang lebih ketat lagi langsung test tulis berupa test psikotes dan potensi akademik.

Jadi sobat jangan kaget dan ngeyel,ikuti saja aturan main perusahaan yang sobat akan masuki ya.Mau seharian prosesi nya ikuti saja.Selamat berburu pekerjaan ya sobat.


Persiapkan Mentalmu dan segala berkas pendukung,dan berpenampilanlah yang rapi,sopan dan meyakinkan.Jangan lupa sarapan,atau bawa bekal,air putih dan uang saku yang cukup.Sedia payung sebelum hujan istilahnya.

Menjawab dengan tenang,lugas dan tegas.Kejujuran lebih utama ya sobat,karna seorang Personalia biasanya memiliki basic pendidikan psikologi.Jadi kalau kamu berbohong pasti ketahuan.So,,

Bagi kamu yang belum dapat pekerjaan, Semoga segera mendapatkan pekerjaan idaman.Jangan menyerah,dan selalu berdo`a.
Dan yang utama mintalah Do`a restu kedua orang Tua,terutama Ibu kita ya.
Salam sukses.

ADJ,CSH,NIGHT 2 OF FEBRUARY 17

No comments:

Post a Comment