Tuesday 7 March 2017

CONTOH PILIHAN EKSTRAKURIKULER UNTUK PAUD DAN TK

Kegiatan Ekstrakurikuler adalah

Sebuah upaya untuk melengkapi kegiatan kurikuler yang berada diluar jam pelajaran yang dilakukan di dalam lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah guna melengkapi pembinaan manusia seutuhnya dalam hal pembentukan kepribadian para siswa.

EKSTRAKURIKULER

Untuk kelompok Pra Play Group dan Play Group kegiatan ekstrakurikuler yang ditetapkan adalah menggambar.

Untuk Kelompok Taman Kanak-kanak, kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan pilihan yang terdiri dari Drum Band, Karate, Menggambar, Menyanyi dan Seni Tari.

Drum Band

Pilihan drum band sebagai kegiatan ekstrakurikuler dengan pertimbangan bahwa kegiatan tersebut sangat cocok untuk melatih kedisiplinan, kepemimpinan serta koordinasi antara kegiatan musikal, baris berbaris dan olah fisik Siswa dan Siswi.

Karate

Ekstrakurikuler karate yang diberikan dalam bentuk playing sangat sesuai untuk melatih kedisiplinan, kontrol emosi serta memfasilitasi Siswa dan siswi yang memiliki kecerdasan kinestetik. Jika dalam pemantauan selama pelaksanaan kegiatan ternyata potensi Siswa atau siswa cukup baik, maka dapat direkomendasikan kepada orang tua wali murid untuk memasukkan anaknya ke dalam klub beladiri agar bakat dan talenta anak terbina dengan baik dan benar sehingga mampu menjadi calon atlet beladiri nasional atau minimal tidak kehilangan bakat anak sehingga anak berprestasi sesuai bakat dan minatnya.

Menari

Seni tari merupakan aktivitas yang cocok untuk melatih kecerdasan kinestetik serta mengembangkan nilai-nilai estetika dan melatih koordinasi antara bakat musikal dengan olah tubuh Siswa atau siswi.Menari merupakan salah satu bagian dari menjaga Cagar Budaya warisan Nusantara.

Menggambar

Satu bentuk upaya melatih dan mengembangkan kemampuan anak untuk berekspresi dengan media gambar secara baik dan benar.Dan untuk kedepannya anak mampu melahirkan karya karya yang membanggakan dan bermanfaat untuk masyarakat luas.

Menyanyi

Dengan menyanyi diharapkan dapat membina dan mengembangkan mental dan keyakinan diri anak dalam bidang olah vokal dan kepercayaan diri tampil dimuka umum dan meningkatkan sosio emosional anak dan adaptasi dan kerjasama 1 group olah vokal ketika harus tampil bersama-sama.

PARENTING

Kegiatan Parenting adalah media sharing antara Orang Tua dan pihak sekolah dalam membahas proses tumbuh kembang anak dan berbagai permasalahannya agar terjadi kesinambungan dalam rangka optimalisasi potensi anak, terlebih lagi pada usia pra-sekolah yang merupakan masa pembentukan anak.

Kegiatan ini juga digunakan untuk sosialisasi program bulanan beserta aspek permasalahannya. Dalam 1 (satu) tahun setidaknya akan diadakan 3 (tiga) kali kegiatan parenting spesial yaitu kegiatan parenting selain parenting biasa, dimana pada kegiatan tersebut akan dihadirkan seorang Nara Sumber/Pakar dalam bidang pendidikan dan perkembangan anak.

PANGGUNG KREATIVITAS ANAK Dalam rangka merangsang kreativitas, kemandirian dan keberanian anak, pihak sekolah menyediakan panggung kreativitas anak yang merupakan media ekplorasi kemampuan seni anak dalam rangka mengembangkan kecerdasan majemuk anak pada bidang estetika.

HOME VISITING Dalam upaya kami untuk menangani jika terdapat Siswa/i yang bermasalah atau sakit, maka guru akan mengadakan kunjungan ke rumah Siswa/i yang bersangkutan untuk mendapatkan infomasi yang lebih lengkap. Kunjungan ke rumah bersama Siswa/i yang lain diprioritaskan bagi murid yang memang membutuhkan kunjungan teman-teman dan guru.

AREA OUT BOUND Area out bound dirancang khusus untuk mengembangkan kemandirian, keberanian serta mengoptimalkan perkembangan motorik dalam kegiatan bermain yang penuh dengan tantangan dan nilai-nilai filosofis.

AREA BETERNAK DAN MENANAM POHON Area beternak dan menanam pohon, memberikan keterampilan dsar beternak dan menanam pohon agar terlatih, bertanggungjawab secara kontinyu serta memiliki kasih sayang terhadap makhluk lain.

KELAS KOMPUTER ANAK Kelas komputer anak (kids computer), mengenalkan komputer kepada anak-anak secara optimal, disesuaikan dengan pemakaian praktis sehari-hari dan materi pembelajaran yang sedang berlangsung.

HARI BUMI DAN LINGKUNGAN HIDUP Suatu bentuk upaya mendekatkan anak dengan alam serta memahami lingkungan melalui aspek aspek pendekatan ‘study dan aksi’.Anak diajak langsung kegiatan paling sederhana tentu saja di kebun sekolah .

1 HARI 1 KILOGRAM BERAS Merupakan aplikasi dari uang infaq harian anak yang diberikan kepada keluarga kurang mampu ,mendidik empati dan kepedulian berbagi kepada sesama  serta menanamkan rasa syukur kepada ALLAH SWT atas segala Nikmat yang sudah diterima kepada peserta didik.

PENGAJIAN RUTIN BULANAN Sebagai sarana untuk memperdalam ilmu pengetahuan yang bersifat keislaman, baik tauhid, fiqih dan sebagainya dengan mengundang Nara Sumber  yang ahli dibidangnya.

Demikian beberapa kriteria Mata Pelajaran ekstrakurikuler untuk kelompok Paud dan TK,mohon maaf atas segala kekurangan.
Berbagai sumber.

Keterangan Foto dari http://misalhidayahtgln.blogspot.hk

MI AL HIDAYAH TEGALAN KANDAT
Jl. Kelud 338 Desa Tegalan Kandat Kediri
Dari Pertigaan Sate Kuda ke timur sampai masjid At Taqwa Tegalan.

No comments:

Post a Comment