Thursday 16 March 2017

Membuat Rendaman Jeruk KamKuat (Jeruk Asem pohon kolin ) Sendiri

Bismillah,Sahabat Amini Lunar Year sudah berlalu .Saatnya merapikan hiasan dan ornamen Lunar Year .

Salah satu ornamen yang khas dengan tahun baru china tentu saja si pohon jeruk khat.Si jeruk asem kalau saya bilang.Nah daripada dibuang sayang sibuah jeruk mending kita buat asinan.

Khasiat rendaman kamkuat ini bisa dibuat minuman herbal yang caranya ambil 1 buah khat yang sudah direndam (minimal 3 bulan) plus air rendaman 2 sendok teh seduh dengan air panas setelah ruam ruam kuku tambahkan madu dan mix sampai menjadi minuman yang pas.

Ramuan ini bagus  untuk membantu meredakan batuk dan gejala flu atau fever bahasa inggrisnya atau sumer bahasa jawanya.Tapi bila sakit berlanjut ada baiknya hubungi petugas kesehatan segera.

Kembali ke rendaman kamkhuat .Bahan yang diperlukan tentu saja jeruk khat yang digunting dan disisakan tangkainya sedikit tanpa daun ya.Lalu cuci bersih,keringkan dibawah sinar matahari seharian.lalu siapkan garam dan toples tempat rendaman .Toples dari kaca lebih bagus dan jangan lupa tutupnya ya.

Setelah semuanya ready masukkan garam didasar toples,lalu susun jeruk,kasih garam lagi,kasih jeruk lagi ulangi sampai toples penuh,lalu tutup rata dan biarkan dalam dalam suhu dapur ,jauhkan dari sinar matahari langsung ya.Jangan lupa tulis tanggal mulai fermentasinya.

Rendaman ini juga bagus untuk membumbui steam ikan atau kepala ikan,ayam asam manis atau bumbu cocolan yang di mix dengan irisan cabe,bawang,gula dan tambahkan sedikit cuka makan.
Karena rasanya yang asem dan asin membuat daging jadi lebih sedap dan bau amis hilang.

Note ..pesan Bude HK rendaman ini semakin bertahun tahun disimpan semakin bagus dan berkhasiat.Dan tentu saja kalau beli ditoko harganya pasti mahal.

Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment