Saturday 4 March 2017

STOK SAMBEL SOLUSI HEMAT WAKTU.

Membuat Stok Sambel Cara Cerdas Mengatur Waktu

Punya Sumber ATM yang doyan sambel harus mampu mengakali.
Daripada setiap sesi makan harus riweh membuat sambel mending kita buat stok sambel.Apalagi ketidak sediaan si lemper dan ulegan alat perang membuat sambel membuat acara sambel menyambel makin ribet.

Bagi mbak BMIHK pasti tau lah harga sambel dinegeri beton mahal sekali dan kita tidak tau bahan apa saja yang ada didalam sambel itu sendiri.Jadi membuat sambel sendiri adalah pilihan cerdas,hemat,dan dijamin tidak was was..karna kita sendiri yang meracik.Dan satu lagi dijamin halal.

Agh sok HALAL banget sih Amini Djuwadi,weh sobat jangan salah asupan makanan kita akan menyatu dengan aliran darah dan otomatis sedikit banyak akan mempengaruhi pola fikir dan kebiasaan kita,Bukankah Darah mengaliri seluruh bagian dari tubuh kita dari otak hingga ujung jari kita.Jangan sampai sudah terkena efek sakit perut karena sambel ,tidak halal lagi.Dobel dobel deh efeknya.

Back to Stok Sambel.Well well well ,,kali ini saya membuat sambel khusus pesanan mami bos dan si panpan adik bungsu saya yang hobinya ngabisin stok sambel dikulkas.

Bahan bahan yang saya pakai...
Cabe kecil merah dan ijo,tomat,bawang merah,bawang putih,ma lat,gula merah jawa dan garam,serta udang kering dan Kon Yi Ji bahasa Inggrisnya sih Conpoy bahasa Indonesianya apa ya kira kira?

Spesial sambel ini namanya.Karna Kon Yi Ji mahal harganya dan harus direndam minimal 1 malam sebelumnya agar lunak dan mudah disuwir suwir (di cerai berai) maaf pembaca bahasanya medok sekali.

Caranya ,,cuci bersih semua bahan ,,cabe,tomat ,bawang dan bolo bolo lalu iris halus atau kotak kotak atau cacah bahasanya,,,karena kita tidak punya pengilingan,cobek,ulegan,maka seperti itu lah caranya.

Lalu goreng semua bahan di wajan besar selama 45 menit sampai kandungan air berkurang atau mengering dan menjadi minyak sambel.
Atau pepper oil.

Dinginkan lalu masukkan ke dalam toples atau wadah kaca tutup yang rapat dan masukkan ke dalam kulkas.Sambel ini mampu bertahan sekitar 3 sampai 4 bulan.

Sahabat Amini ,selamat membuat stok makanan untuk menghemat waktu kita.Dan kita mampu mengerjakan atau berkarya yang lain.Karena sesungguhnya hidup bukan untuk makan ,tetapi Makanan yang membantu proses bertahan hidup.

No comments:

Post a Comment