Tuesday 17 November 2015

Memaknai Lagu Hymne Guru Indonesia

Himne Guru,
Terpujilah Wahai  Engkau Ibu Bapak Guru,
Namamu akan selalu hidup dalam sanubariku,
semua Baktimu akan kuukir didalam hatiku
Sebagai prasasti terima kasihku ,tuk pengabdiaanmu
Engkau sebagai pelita dalam kegelapan
Engkau laksana embun penyenjuk dalam kehausan
Engkau Patriot pahlawan bangsa ,
Tanpa tanda jasa.
Memaknai Hymne Guru,
Seorang Guru/Pendidik dianalogikan sebagai Air,Udara,Api dan Tanah.
Seorang pendidik dituntut seharusnya mampu mengimplemantasikan/mengamalkan dalam tindakan sehari-hari keempat unsur pembentuk kehidupan itu,baik dalam lingkungan pendidikan,keluarga ataupun masyarakat.Karena dengan predikat pendidik /guru secara langsung masyarakat akan dengan sendirinya menjadikan dirinya sosok panutan,tempat bertanya dan berkonsultasi.
Tentu saja yang diharapkan  sisi-sisi positif dari keempat unsur tersebut yang lebih diutamakan dan dimaksimalkan pemahaman serta pelaksanaanya.
Dan dengan kearifan serta pelatihan berkesinambungan /berkelanjutan  setiap hari mampu mengubah serta memanfaatkan sisi -sisi negatif dari keempat unsur tersebut diatas.
Unsur AIR.
Seorang pendidik dihaarapkan mampu mengaplikasikan dirinya sebagai,
Air yang Mensucikan dan membersihkan,Seperti air seharusnya seorang pendidik memiliki kesuciaan hati dan keikhlasan dalam mengemban tugasnya dalam sehari-hari.Sehingga ilmu yang diberikan dari hati yang tulus dan suci akan diserap baik oleh  anak didik,dan semoga lahirlah generasi-generasi yang mulia.mumpuni ,tangguh dan cerdas.
Seperti air yang  mampu membersihkan,diharapkan seorang Pendidik mampu dan  secara telaten,membimbing dan memberikan pengarahan ,serta mengajak dan merubah sisi-sisi  negatif dan kebiasaan yang kurang baik yang terlihat dari anak didik.
Air Pelepas Dahaga dan penumbuh kehidupan yang penuh Rahmat,seperti air seharusnya seorang pendidik mampu dan siap sedia dengan segala  tantangan,menjelmakan dirinya seperti lautan luas penuj ilmu yang mampu menampung segala masalah  dan mengusahakan solusi bersama terbaik  serta mampu mendayakan dan melahirkan ide ide kebaikan bersama seperti lautan yang mampu malayarkan perahu-perahu diatasnya,dan menjadi sumber kehidupan bagi orang banyak.
Mampu seperti air hujan yang turun ke bumi dimusim panas,membersihkan kotoran " yang melekat dimuka bumi dan menghapus kekeringan menjadi kesujukan dan kesuburan, serta kebahagiaan.
Seperti mata air-mata air yang tidak pernah kering,sabar dan telaten ,tulus dan ikhlas membimbing,membagi,dan mengajarkan serta memenuhi kebutuhan dan solusi masalah yang ditanyakan,tanpa ada rasa sombong,marah,dengki. dan kesan menggurui,bersama mencari solusi dan pemecahan masalah-masalah yang timbul.sehingga mampu mengatasi masalah bersama dan diharapkan mampu menjadi Rahmat dan kebaikan bagi masyarakat sekitarnya.
Air sebagai sumber kehidupan utama,unsur utama pembentuk manusia dan bumi,yang tidak akan meracuni dan menenggelamkan lingkungan sekitarnya seperti banjir dan air bah.
Unsur Udara,
Sebagai Napas dan Atmosfer yang baik,Seorang pendidik seharusnya belajar dan mampu menjadikan dirinya sebagai Napas ilmu dari anak didiknya,keluarga dan lingkungan sekitarnya.Karena Udara sebagai unsur pernapasan utama kehidupan sebagai atmosfer pelindung manusia dan semua makhluk Bumi.
Mampu menjelma sebagai udara yang suci yang menyejukkan,mendamaikan dan meredakan situasi yang sulit dan tidak nyaman.Dan membawa keceriaan dan rasa damai.
Hindari diri menjadi badai yang menghancurkan dan menerbangkan segala sesuatu yang dilaluinya dan yang berada didekatnya, tanpa tersisa dan memilah mana yang baik dan buruk.
Unsur Api
Seorang pendidik hendaknya mampu sebagai,
Api yang Menyinari,sumber cahaya seperti mentari yang menuntun ke jalan kebaikan dan hidup yang lebih baik,berbagi tanpa pamrih dan tulus,menjelma seperti mentari yang sinarnya selalu dinanti karena sinarnya yang penuh manfaat dan pembawa kebaikan dan kebahagiaan,sinar yang mampu membunuh bakteri-bakteri yang merugikan.
Sebagai Api Penghangat dan mampu menjadi tempat tujuan dan yang selalu dirindukan dari setiap masalah dan pertanyaan juga dari situasi yang buruk.
Sebagai Api Pembakar semangat dan pembimbing yang baik dari sisi positif dan keahliaan anak didik sehingga terasah maksimal dan melahirkan kepercayaan dirinya,dan juga mampu melahirkan kreatifas ketrampilan yang   baik dan  akhirnya bermanfaat untuk lingkungan.
Hindarkan Penjadi Api Penghancur dan penghangus yang menakutkan,Jadilah Api yang mampu menghancurkan sisi-sisi negatif dan mampu melahirkan bentuk baru dan unggul,Seperti Api yang menempa besi menjadi senjata-senjata yang tajam dan mumpuni yang mampu bermanfaat untuk pelaksaan kehidupan sehari-hari.
Unsur Tanah,
Mampu menjadi Tanah sebagai Pondasi yang kokoh, awal dan tempat berpijak utama serta ladang-ladang yang subur yang penuh manfaat penghasil tanaman-tanaman unggul dan tidak berbakteri.
Tanah Penguat akar dan penghasil generasi-generasi yang tangguh dan berkarakter mumpuni dan mulia yang berguna untuk keluarga dan lingkungan serta bagi agama,nusa dan bangsanya.
Tanah yang subur dan tidak tandus lagi kering  dan penuh bakteri.Hanya memberikan kebaikan dan sumber penguat utama akar kehidupan yang menghasilkan sosok" generasi mulia dan tangguh yang berguna untuk keluarga,dan masyarakat sekitarnya.
Profesi Guru atau Pendidik bukan hanya gelar yang mudah diraih dan tanpa makna.Karena ada tanggung jawab Vertikal /Lurus dan langsung kepada Tuhan Yang Maha Esa dan tanggung jawab
horizontal kepada masyarakat dan wali murid.
Sungguh Engkau Pahlawan tanpa tanda Jasa.
Seluruh Do'a Terbaik untuk Semua Guruku dan Orang Tuaku.
Semoga Ahlul Jannah untuk Engkau Duhai Guru dan Orang Tuaku.
aamiin
A.D
wts,25 Des 2013

2 comments:

  1. Guru Pahlawanku....Pahlawan tanpa pamrih yang dengan iklas memberikan ilmunya bukan hanya ilmu..mrlainkan kasih sayang yang tak terhingga..guruku pahlawanku...pahlawan tanpa tanda jasa..

    ReplyDelete
  2. Engkau lah Pahlawan Sesungguhnya,karena engkaulah Yang mencetak Para Pahlawan Kusuma Bangsa.

    ReplyDelete