Tuesday 12 January 2016

ALUMNI SAATNYA MENGABDI DAN BERKONTRIBUSI LANGSUNG KE MASYARAKAT

Bismillahirrohmaanirrohiim,
Saya seorang Alumni,masih nganggur bagaimana dong ini?
Nganggur alias jobless menurut pandangan beberapa orang bahkan mungkin diri kita sendiri adalah
Suatu keadaan dimana kita tidak bekerja pada instansi atau lembaga milik orang lain.
Jobless adalah dimana kondisi kita tidak menerima gaji.
Yang artinya kita telah menanamkan kepada diri kita sendiri,kita adalah KULI,BURUH.
Atau bahasa halusnya Pegawai,Pekerja.
Inilah kesalahan pola fikir terbesar  yang menghancurkan kepercayaan diri dan pola pikir secara positif.
Yang akhirnya membawa kita pada pemikiran mencari-cari kesalahan orang lain dan Almamater kita.
Menyebarkan isu negatif dan mosi tidak percaya akan kualitas Almamater dan menjelek -jelekkan nya didepan umum,padahal kesalahan ada pada diri sendiri yang kurang instropeksi dan koreksi diri.
Ketika banyak saudara kita yang berasal dari Alumni yang sama sudah sukses bekerja dan membangun karir serta memiliki Lembaga atau usaha sendiri,kita masih saja berkata "agh mereka memang beruntung ,mereka kan ada yang bawa alias KKN" duh sungguh syetan paling pintar membisikkan kedengkian didalam sanubari Manusia.
"Saya berlindung dari godaan Syetan yang terkutuk.aamiin."
Alumni,mari kita robah pola pikir kita dan bersegera hijrah memperbaiki kwalitas diri,agar lebih siap bersaing.Terus dalami dan tambah skill kita selama masih ada waktu,ikuti pelatihan komputer dan bahasa asing,karna Tahun 2016 adalah Tahun dibuka nya Masyarakat Ekonomi Asean,dimana kemampuan bahasa asing kita akan sangat diperlukan dan wajib hukumnya untuk memasarkan,berhubungan komunikasi dan promosi kemampuan dan produk kita.
Sahabat ,jangan menunggu,segera mulai  aktifitas kita,cetak lah karya nyata,lakukan saja sesuai bakat,minat dan hobi kamu,sambil menunggu job sesuai basic skill kamu.
Bila kita memiliki simpanan modal Mari ciptakan lingkungan kerja,prinsipnya Niat berbagi karna ALLAH SWT Inshaa Allah keberkahan usaha dunia akherat menjadi milik mu.aamii 
Inggatlah,ALLAH SWT  adalah pemberi balasan sempurna atas setiap amalan,walaupun sekecil biji sawi.
Dibawah ini ada list kegiatan yang mungkin salah satunya cocok bagi sahabat.Silahkan di ambil dan dimanfaatkan serta dipraktekkan.Semoga sukses dunia akherat.Aamiin.
1.Saya memang jobless,tapi Aktif sebagai Volunteer kemanusian dan saya harus berguna untuk sesama dimanapun saya berada.
Sahabat perlu diinggat Volunteer itu tidak ada bayaran didunia,karena Ridho ALLAH yang menjadi tujuan utamanya.Apabila ada pengganti lelah itu adalah bonus didunia yang sudah diberikan Oleh ALLAH SWT sebagai penyemangat.Karena Balasan sempurna sudah disiapkan di akherat bagi yang mempercayainya.
2.Saya jobless ,tapi aktif dikegiatan lingkungan Keagamaan,kebudayaan,olahraga,kemasyarakatan seperti karang taruna,pkk,posyandu atau mungkin juga mendalami hobi positif seperti kerajinan,kuliner,tata rias dll,saya ingin memiliki dan berada dikomunitas dan jaringan yg positif.
3.Saya Jobless tapi aktif dan kreatif,rajin menulis,baik blog,buku,puisi,ataupun membuat kliping kumpulan artikel bagus. Yang merupakan modal dasar dari perpustakaan impian.
4.Saya Jobless tapi pemasukkan saya lancar,saya usaha online,buka rental komputer,pengetikan naskah,fotocopy,jualan pulsa,buka toko kelontong,ataupun warung makan,ternak ikan,bebek,atau ayam,memanfaatkan halaman dengan aneka tanaman obat dan sayuran dengan sistem hidroponik atau sistem moderen dan konvensional sesuai kondisi lingkungan desa dan tempat tinggal saya.
5.Saya Jobless tapi saya mampu mendampingi anak anak tetangga untuk mengerjakan PR dan akhirnya terbukalah tempat kursus.
6.Saya jobless tapi memiliki kendaraan untuk mengangkut hasil bumi,antar jemput sekolah dan travel lokal.
7.Saya Jobless tapi lokasi rumah saya strategis dan dekat dengan lokasi wisata.
Saya memiliki kios oleh-oleh dan rumah saya setting sebagai home stay yang aman dan nyaman bagi wisatawan yg ingin bermalam.
8.Saya Jobless tapi berbahasa asing lancar,saya menjadi private dan part time Guide Tour baik Via online maupun gabung dengan perusahaan travel swasta ataupun dinas Pariwisata daerah.
9.Saya Jobless tapi pandai menari daerah dan modern kreasi,saya buka sanggar tari dan sewa Busana.
10.Saya Jobless tapi Penerus Usaha keluarga dibidang ternak dan pertanian juga pengrajin kayu dan pengusaha alat-alat bangunan,atau pengrajin makanan Home industri atau yang biasa disebut katering.
Sahabat,masih banyak jenis usaha yang lain ,sesuaikan dengan minat dan kondisi kamu ya.

Inggat ,gaji bukan segalanya.Berada dan bahagia berkumpul dengan keluarga sendiri ,serta berkarya dan dihargai di Tanah Air Sendiri adalah Penghargaan dan anugrah yang tak ternilai.
Memiliki kesiapan mental ,sehat lahir batin,percaya diri dan berbahagia dengan pekerjaan dan profesi kita itu kunci utamanya.

Dengan bahagia dan ikhlas menjalani serta optimis Inshaa Allah  kita akan maksimal dan sempurna berprestasi.
Semoga kita semua memiliki pekerjaan dan berada dalam lingkungan profesi sesuai yang kita cita-cita kan dan berbahagia menjalaninya.
Aamiin
Salam Cintai Pekerjaan kita.

No comments:

Post a Comment