Thursday 18 February 2016

KECERDASAN MORAL (SQ)

Bismillahirrohmanirrohiim.

Melanjutkan Posting 5 KECERDASAN YANG HARUS DIMILIKI OLEH GURU
Setelah Kecerdasan intelektual,kecerdasan kedua yang harus dimiliki oleh seorang guru adalah.

2.Kecerdasan Moral. ( SQ)

Kecerdasan Moral adalah kemampuan seseorang untuk memahami dan membedakan mana yang benar dan mana yang salah.
Memiliki Keyakinan ( Iman ) dan Etika yang kuat dan bertindak berdasarkan keyakinan tersebut.Kecerdasan Moral membutuhkan kemampuan seseorang untuk menghadapi berbagai persoalan yang dihadapi yang memiliki makna dalam konteks yang lebih luas dan kaya.Yang  dapat dijabarkan dan melahirkan jenis -jenis kepribadian seperti berikut.

A.Kepribadian yang Mantap stabil.

Menjadi seorang pendidik harus memiliki kepribadian yang mantap  dan stabil ,karena ia akan berhadapan dengan banyak masalah yang menuntut penyelesaian secara benar dan harus mampu bertindak secara tepat.
Seorang Guru harus mampu mengambil tindakan yang seharusnya dan sesuai dengan Norma Agama,hukum, dan norma sosial.
Ia juga harus bangga dan selalu menjujung tinggi profesi Pendidik dan menjaga nama baik almamater,dan memberikan penghargaan kepada setiap Guru yang telah mengantarkannya menjadi seorang Guru.
Dengan kepribadian yang mantap dan stabil akan menentukan apakah seorang Pendidik mampu dijadikan sebagai sosok Pembina dan panutan bagi anak didiknya dan masyarakat ataupun sebaliknya.

B.Kepribadian yang Dewasa/Kestabilan Emosi.

Sebagai seorang Pendidik kita dituntut untuk memiliki Kepribadian yang Dewasa ,karena kita akan menghadapi berbagi jenis persoalan yang terkadang mampu menguras emosi dan memancing kemarahan.Sehingga kita terpancing untuk melakukan tindakan yang kurang Profesional.
Kemampuan mengendalikan emosi dan memiliki kepribadian yang dewasa adalah kunci jawaban menghadapi setiap persoalan yang mampu menyinggung perasaan ,emosi atau kemarahan.
   Mendengarkan sampai selesai ,
   Tersenyum,menghela napas dengan ringan,
   Memberi kesempatan kepada orang lain menyampaikan argumen,
   Menyampaikan permintaan maaf walaupun kita berada di posisi yang benar,
   Lalu menyampaikan informasi  dengan bahasa yang mudah dipahami lawan bicara,
adalah beberapa tips yang cocok menghadapi situasi yang tegang.

Menampilkan Kemandirian dan kedewasaan kita pada situasi dan kondisi yang tepat serta menjaganya agar menjadi kepribadian kita adalah wajib dilakukan bagi setiap sosok Pendidik ,dan hal ini akan menentukan apakah kita dapat disebut sebagai Pendidik yang Labil atau sebaliknya.
setiap Pendidiki Wajib Memiliki Etos Kerja yang baik,loyalitas dan keikhlasan pada Lembaga dan Masyarakat sehingga ia dapat dikatakan sebagai sosok Pendidik yang Profesional.

C.Kepribadian yang Arif dan Bijaksana

Yaitu suatu Perilaku yang menunjukkan keterbukaan dalam berfikir dan bertindak ,menampilkan tindakan yang didasarkan pada kemanfaatan dan kebaikan /kemaslahatan peserta didik dan masyarakat luas.

D.Kepribadian yang berwibawa

Berwibawa,memiliki makna,
-Pendidik itu harus memiliki perilaku yang berpengaruh Positif terhadap peserta didik,Karena ia merupakan sosok Panutan ,maka seorang Pendidik harus berusaha maksimal untuk selalu bersikap,bertutur kata dan berbuat hal yang positif  agar selalu terjaga citra positif dan wibawanya didepan peserta didik dan masyarakat.
-Pendidik itu harus Memiliki Perilaku yang disegani,dan disayangi oleh peserta didik dan masyarakat dengan menunjukkan integritas dan kredibilitas serta kwalitas yang tinggi dilingkungan pendidikan ataupun di lingkungan masyarakat.

E.AKHLAK MULIA

Seorang Pendidik harus memiliki akhlak Mulia,karena ia adalah seorang Penasehat bagi peserta didik,Dengan berakhlak mulia dalam keadaan apapun dan bagaimanapun seorang Pendidik akan mampu menjaga diri dan tindakannya dalam memberikan solusi persoalan permaslahan yang ada dan berdasarkan hikmat dan keimanan kepada Tuhan,setiap solusi yang diberikan selalu dipertimbangkan secara benar baik buruk dan berdasarkan keyakinan dan ajaran Agama,sehingga tujuan ilmu demi kebaikan Dunia Akherat akan tercapai.

Semoga kita semua mampu mengamalkan dalam kahidupan sehari-hari .aamiin.

( Amini.D)




No comments:

Post a Comment