Thursday 18 February 2016

KECERDASAN SOSIAL (EQ)

Bismillahirrohmanirrohiim,
Jenis Kecerdasan ke 3 yang harus dimiliki seorang Guru adalah,
KECERDASAN SOSIAL (EQ)

Guru atau Pendidik bukan hanya bertugas dikelas,Guru juga merupakan Panutan atau teladan bagi lingkungannya,sehingga Sosok Guru atau Pendidik di haruskan mampu berkomunikasi aktif ,peduli dan tanggap dengan Lingkungan masyarakat sekitarnya,untuk meningkatkan kwalitas Pendidikan didaerah ia berada.
Seorang Guru harus mampu menjadi tenaga Penyuluh Pendidikan dan Motivator atau pemberi inspirasi positif ,ia diharapkan mampu membawa cahaya dan harapan kebaikan bersama.

Contoh :
-Bila ia Seorang Guru Perempuan ,maka harusnya ia aktif di kegiatan PKK daerah ataupun Posyandu dan kegiatan kewanitaan lainnya di daerah itu,sehingga ia mampu mengajarkan ilmu/ketrampilan  kepada masyarakat dan memberikan penyuluhan yang benar akan suatu permasalahan yang sedang terjadi di masyarakat.
-Jika Guru Laki-Laki ia dapat berperan aktif dikegiatan Karang Taruna ,ataupun pembinaan remaja masjid/sesuai agamanya,aktif dikegiatan persatuan olahraga dan ketrampilan pemuda dan siap terjun langsung memberikan penyuluhan kedaerah daerah terpencil atau pelosok .
Disinilah Peran Guru dimasyarakat dapat dirasakan langsung oleh masyarakat selain fungsi utamanya di Lembaga Pendidikan tempat ia mengabdi.

-Kompetensi sosial Guru  adalah:
Kemampuan atau kecerdasan seorang Guru atau Pendidik untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan efisien dengan Peserta Didik,sesama Rekan Guru dan atasan,Orang Tua Murid dan Masyarakat sekitarnya.

atau dapat juga disampaikan bahwa Kompetensi Sosial adalah Kemampuan seseorang untuk berkomunikasi ,bergaul dan bekerja sama serta memberi kepada manfaat yang baik kepada orang Lain.MEMBERI DAN MENGABDI TANPA PAMRIH,Karena THE BEST REWARD IS ALLAH SATISFY


( Amini.D)

No comments:

Post a Comment