Saturday 5 August 2017

MENJADI PANITIA ACARA BAGIAN DARI PEMBENTUKAN KARAKTER MAHASISWA LPPI BRAWIJAYA TSUEN WAN IBU YATI

SETIAP SISWA DAN MAHASISWA LPPI BRAWIJAYA TSUEN WAN  WAJIB UNTUK MAMPU DAN SIAP MEMIKUL TANGGUNG JAWAB SERTA MENGHANDLE JALANNYA SUATU ACARA ATAU KEGIATAN DAN EVENT DIKAMPUS.

Kalau ada ungkapan masa sekolah atau masa kuliah mu tak lengkap bila tak aktif di kegiatan OSIS Atau Hima Kampus.Sebagaimana kita pahami bersama masa sekolah tak akan terulang dan kenangannya akan selalu diinggat.Karena masa sekolah adalah masa penuh perjuangan untuk meraih prestasi akademik ,mengasah leadership serta bersosialisasi sesama warga kampus dan tentu saja akan berimbas pada pembentukan karakter diri.

Sebagai Mahasiswa ,paham dong Peran kalian kepada Bangsa ini dimana setiap mahasiswa diharapkan mampu menjadi Agen Perubahan ,sebagai Agen Moral dan Agen Sosial serta Stok Regenerasi Tampuk kepemimpinan Bangsa ini kedepannya.Jadi bersungguh-sungguhlah menimba ilmu dan pantang menyerah wahai Mahasiswa,Masyarakat dan Bangsa Ini menunggu darma baktimu.

Sebelumnya Amini ucapkan selamat bagi kalian yang pernah aktif dan ikut andil menjadi Panitia atau terpilih sebagai penanggung jawab jalannya suatu event.Capek,Strees,was was,grogi takut acara gagal atau mandek ditengah acara atau justru mendapatkan komplain adalah hal yang normal,tapi bila tak dijalani kemampuan komunikasi,bersosialisasi dan kerjasama kita tak akan terbentuk.

Terima kasih kepada Bunda Yati selaku Kepala Lembaga LPPI BRAWIJAYA TSUEN WAN Nomer  Whatsapp Sekolah 9517 3921,Alamat sekolah MTR TSUEN WAN EXIT A,BELOK KANAN LURUS JEMBATAN KACA ARAH D`PARK MALL, yang telah memberikan kesempatan dan kebebasan yang bertanggung jawab  kepada seluruh warga Kampus untuk selalu aktif dan kreatif maksimal mengasah kemampuan diri untuk terlibat didalam setiap event atau moment yang diadakan kampus dan ini merupakan bagian dari kurikulum pembentukan karakter sehingga kami semua akan siap tampil menjadi profesional saat kembali ke Tanah Air nantinya.

Tau kah kalian ,sukses tidaknya setiap event Kampus selain dipengaruhi oleh kekompakan setiap sie atau bagian dan personalnya ditentukan juga oleh kecakapan Ketua Panitia atau ketua acara didalam menyusun konsep dan waktu acara .

Sebagai Ketua Panitia, ia akan menyusun susunan kepanitian dengan porsi yang tepat serta membagi tugas kepada anggota yang tepat dan mampu bertanggung jawab untuk tugasnya,ketua panitia wajib memiliki kemampuan lebih ,serta kontrol yang kuat dan membuat evaluasi acara yang akan dihelat,dari konsep acara,tata panggung,katering,sound sistem,dokumentasi,lokasi atau gedung acara tempat perhelatan. Ketua panitia wajib mampu membaca serta menghandel dan mengambil keputusan tindakan yang tepat dan cepat ketika ada hal diluar kendali atau kekosongan selama acara berlangsung .Selamat ya Yang pernah menjadi ketua panitia.

Berikut Job deskripsi susunan kepanitian secara garis besarnya

1.Ketua Panitia
Bertanggung jawab penuh mengkoordinasi, membagi tugas, menghubungi berbagai sie atau bagian  yang terlibat dalam acara wisuda. Membuat laporan sebelum, saat dan sesudah acara. Membuat susunan panitia, rincian pengeluaran dan data pensi. Memesan bunga dan berkoordinasi dengan ketua angkatan yang terlibat. Mengajukan laporan kepada kepala lembaga untuk di acc.

2. Bendahara
Bertanggung jawab mengelola dan membuat laporan rincian pemakaian uang masuk dan keluar, bekerja sama dengan ketua panitia. Selesai acara membuat pertanggungjawaban berupa laporan
keuangan baik kepada ketua panitia, wisudawati, serta diajukan kepada kepala lembaga.

3. Sie. Acara yang meliputi :
a. Pembawa Acara Utama bertanggung jawab memandu acara dengan baik dari awal hingga akhir acara. Membuat rincian daftar nama peserta wisuda dan daerah asal.
b. Pembawa Acara Pensi membawakan acara, komunikatif sehingga acara berjalan dengan baik dan setiap pengisi Acara dapat tampil sesuai jadwal dan mampu mengatur waktu dengan benar karena inggat setiap gedung memiliki kontrak lama pemakaian gedung.
c. Sie. Pensi bertugas mengumpulkan data pentas seni, menghubungi dan memberikan date line waktu pendaftaran ke ketua kelas atau ketua angkatan masing-masing untuk mendapatkan data nama peserta pensi ,mengumpulkan serta menyiapkan musik pendukung tampilan peserta,serta menyiapkan susunan urutan tampilan,serta total peserta pensi untuk lapor ke ketua panitia untuk pemesanan konsumsi.
d. Pendamping Kepala Lembaga bertugas menjemput dan mendampingi kepala lembaga atau undangan Acara.
e. Pembaca do’a membacakan do’a acara.

4. Sie. Perlengkapan melakukan pengecekkan Sarana dan Prasaran yang diperlukan untuk Acara apabila ada kerusakan dan kurang sempurna segera koordinasi ke ketua panitia untuk diperbaiki dan persiapan dilakukan minimal 2 minggu sebelum acara.Menata
meja dan kursi mengatur dekorasi ruangan sedemikan rupa agar menarik dan sesuai tema.Memastikan jalannya acara tidak ada kendala dengan semua persiapan sarana dan prasarana.

5.Sie Humas Memesan bunga, memesan katering ,dan memastikan ulang kehadiran setiap undangan dan pengisi acara minimal 2 hari sebelum Acara.

6..Sie Sound Sistem dan Dokumentasi melakukan check sound,
Memastikan susunan dan pengaturan saluran kabel yang aman dan rapi  agar tidak ada kendala saat acara dan tidak membahayakan saat Acara dihelat karena berhubungan dengan arus listrik dan alat elektronik,tentu saja keamanan adalah utama.

7.Sie Dokumentasi.
Menyiapkan alat dan sarana dokumentasi baik alat,batray,memori card.Menawarkan,mengarahkan gaya dan mengambil gambar dari setiap moment dan menyimpan dengan baik serta menyerahkan copy master kepada pemilik acara karena dokumentasi hak milik Pemilik Acara dan bukan untuk di sebarkan ke Publik tanpa ijin,walaupun kita pengambil gambar.
Memberikan pilihan dan kesepakatan kepada pemilik acara untuk mencetak atau pembuatan Vidionya.

8. Sie. Make Up
Apabila pemilik acara meminta disediakan jasa make up,maka panitia wajib menyiapkan dan menjelaskan serta bertanya dengan baik jenis make up yang diinginkan ,sebelum acara melakukan pengecekan alat make up,membantu saat prosesi rias, merapikan alat make up dan tempat make up setelah acara make up selesai.

9. Sie. Konsumsi
Mencatat TOTAL Jumlah peserta acara atau seluruh undangan lalu memesan makanan dan membagikan saat sesi makan berlangsung,jangan lupa air minum,dan sigap membersihkan sampah dan memindahkan piring atau alat makan yang kotor untuk dibawa ke sie kebersihan.

10.Sie Keamanan
Bertugas mendata seluruh tamu yang datang, mengabsen, berkoordinasi dengan bagian konsumsi memastikan semua hadirin mendapat konsumsi, memastikan keamanan dan ketertiban terjaga, menyiapkan tempat sholat bagi mereka yang menjalankan saat jam istirahat.

11. Sie. Kebersihan
Bertugas memastikan kebersihan pra dan pre – acara, menata kembali kursi – kursi,mencopot dekor apabila acara sudah selesai dan mengembalikan ketempat penyimpanan semula. menyediakan plastik sampah saat jam istirahat makan siang bekerjasama dengan sie konsumsi.

Ketika acara sudah selesai,ada tugas paling akhir yaitu laporan pertanggung jawaban ,dan evaluasi.Inggat kalian 1 team.Bagus,baik,kurang lebihnya Event tanggung jawab bersama.Krena ibarat Anggota tubuh kalian utuh.Tak bisa sendiri sendiri dan semaunya,karna akan mengacaukan dan mendapatkan komplain dari pihak pemilik hajat.

Akhir tulisan ,sekali lagi selamat karena sudah pernah menjadi bagian dari kepanitiaan.Apabila kalian sukses membawakan suatu Acara maka kesempatan dan peluang akan terus datang dan kalian siap menjadi bagian aatau mendirikan Event Organiser (EO) sendiri nantinya.Kepuasan Pemilik hajat,humas yang baik dengan setiap bagian intra panitia ataupun antar pendukung acara baik pemilik katering,toko bunga,pemilik gedung,jangan remehkan hal kecil apapun,karna meraih dan mempertahankan kepercayaan orqng lain adalah satu kesatuan utuh dan wajib dijaga.

Tips kecil..Jangan lupa kenakan kostum yang matching dengan tema dan pastikan bahannya nyaman dipakai karna kalian akan bergerak sepanjang acara.Tujuan seragam Panitia yang lainnya agar kalian mudah dikenali dan menunjukkan kebersamaan.Walau sibuk tetap wajib jaga penampilan.

Menjadi Panitia...siapa takut.
Semoga bermanfaat.aamiin
A.D.CSH 4817

No comments:

Post a Comment