Friday 17 November 2017

TIPS MUDAH MELAKUKAN SCAN BERKAS MENGGUNAKAN PRINTER HP DESKJET J1410

Bismillahirrohmanirrohim.

LPPI BRAWIJAYA TSUEN WAN -IBU YATI menerapkan Metode Mata Kuliah Terapan didalam kurikulumnya sehingga hanya memberikan Mata kuliah yang berhubungan dengan jurusan profesi yang diambil Mahasiswanya.

Bagi  Mahasiswa Jurusan Profesi Administrasi Perkantoran  akan menerima mata kuliah Aplikasi Komputer Ms.Office yang dilengkapi dengan Mata Kuliah Praktek yaitu Print,Scan,dan Copy berkas atau file dokument bagi setiap Mahasiswanya untuk bekal didunia kerja nantinya.

Lembaga sangat memahami bahwa Sebagai seorang tenaga administrasi perkantoran pastilah akan dihadapkan kepada kegiatan sehari hari yang tak jauh dari kegiatan PRINT,SCAN DAN COPY berkas dokument internal dan eksternal perusahaan,kantor,atau Lembaga.

Nah kali ini saya ingin sedikit berbagi tulisan tentang tata cara SCAN  berkas yang simpel dan ndak ribet. Menggunakan Printer HP Deskjet J1410 ( kebetulan saya menggunakan printer HP) Untuk tata cara Print dan copy akan saya tulis secara terpisah.

Sebelumnya mari pahami bersama apa sih Perintah SCAN dan fungsi atau tujuan SCAN itu sendiri.

SCAN adalah salah satu cara menyimpan atau merubah Type Dokumen dari Hard Print ( Hasil Print) ke Type Soft Print ( Soft File)

Bahasa Mudahnya SCAN adalah merubah  Berkas hasil cetak  kedalam  jenis file Digital

Perintah Scan hanya dapat dijalankan apabila kita memiliki alat Scanner atau Printer dengan fasilitas yang mendukung untuk melakukan perintah SCAN ( Tidak semua Printer bisa difungsikan atau digunakan untuk SCAN )

Tujuan mengapa dokumen atau berkas perlu diSCAN
1.Pertama biasanya karena keperluan pengiriman file dalam waktu yang cepat baik untuk urusan resmi atau non resmi .( contoh lamaran pekerjaan via Online atau e-mail,berkas utama  laporan dinas atau berkas lampiran kedinasan ,sebagai berkas pelengkap syarat penjaringan masuk kuliah via online, dll)
2. Fungsi SCAN lainnya Untuk sarana dokumentasi, agar berkas  tidak rusak jadi discan.Sebagai sarana duplikating berkas penting yang dimiliki.
3. Membuat file digital untuk sebuah keperluan tertentu seperti yang saya sampaikan tadi misalnya melamar pekerjaan atau sebagai berkas lampiran

Inilah langkah langkah proses SCAN.

1. Hubungkan kabel printer dengan komputer yang sudah diinstall Driver Printer yang akan digunakan untuk Scan  (Kabel USB Printer )
2. Nyalakan printer dengan menekan tombol ON
3. Nyalakan komputer anda.
4. Siapkan dokumen yang akan anda scan. Saya akan memberikan contoh menggunakan kartu Id Volunteer
5. Buka penutup scaner pada printer anda dan letakan dokumen tersebut menghadap kebawah. Tulisan berada di bawah atau menempel di kaca printer.
6. Kemudian tutup penutup scaner
7.Klik tombol Start ( Windows logo) klik ke Devide and Printer .
8.Klik default printer yang aktif biasanya ada centang warna hijau yang menandakan Printer siap digunakan.
9.Klik kanan kanan pilih Start Scan pada Dialog Box,maka akan tampil jendela pengaturan Scan.
10. Untuk *Profile dan source* biarkan saja.
Lalu untuk format  sesuaikan dengan kebutuhan kita.
Dari Color,brighteness,dan contras.
Sedangkan file type pilih saja JPG. Resolusi anda pilih 300 biar jelas gambarnya.
11. Sebelum  klik scan. Ada baiknya  lihat preview nya terlebih dahulu dengan klik "preview".
12. Dari sini kita bisa melihat hasilnya dan dapat juga mengatur file hasilnya.
13. Hilangkan tanda centang pada kontak yang bertuliskan "Preview or scan image as sparate files" agar anda bisa mengatur halaman yang akan kita scan saja yang ikut terscan.
14.setelah klik Scan tunggu proses SCAN lalu beri nama file hasil SCAN kita lalu klik Impor.
15.Untuk melihat hasil SCAN silahkan klik libraries,klik my pictures ,lalu klik folder yang memiliki nama dan tanggal sesuai file scan yang telah kita ketik tadi.
16.Silahkan dibuka dan cek apabila sudah sesuai bisa disimpan di USB atau eksternal memory bisa juga segera  dikirimkan ke alamat e-mail tujuan sesuai kebutuhan kita dan tujuan dari SCAN yang kita lakukan.

Demikian tata cara SCAN menggunakan Printer HP DESKJET Type J1410.Selamat mencoba praktek SCAN berkas dokumen  semoga berhasil sahabat Amini

BMIHK Tunggu apa lagi mari bergabung bersama kami dan ikuti jejak Puluhan Alumni kami yang sudah sukses mengajar dan bekerja secara profesional di Tanah Air.

Mari segera bergabung bersama LPPI BRAWIJAYA TSUEN WAN.
LANJUTKAN PENDIDIKAN KITA YANG TERPUTUS SAAT DI INDONESIA.

Ada Program kesetaraan Paket B (Setara SMP) DAN paket C ( Setara SMA) .Pendidikan Profesi 1 Tahun PGPAUD/TK dan Profesi Administrasi Perkantoran.

ALAMAT LPPI BRAWIJAYA

MTR TSUEN WAN EXIT A, BELOK KANAN MASUK D'PARK MALL.
Masuk Pintu Gerbang CDW Building ada tulisan 8 1/2..lurus mentok sampai ujung belok kanan ke arah Market Place by Jhonshon..lurus pintu exit kava,,lihat ke kiri luar jendela  kaca ada Jembatan merah silahkan ikuti ..lalu lihat kekanan ada TCL TOWER..gedung sekolah LPPI BRAWIJAYA  dibelakang TCL TOWER.

Lalu HUBUNGI Nomer Telfon dan WhatsApp LPPI BRAWIJAYA di Nomer 95173921

BMIHK PELAJAR MEMUTUS PENJAJAHAN MODERN MELALUI PENDIDIKAN
BANGKITLAH PEREMPUAN JAYALAH INDONESIAKU

A.D

No comments:

Post a Comment