Thursday 12 May 2016

PENGALAMAN MENGAJAR DIKELAS KOMPUTER LPPI BRAWIJAYA TSUEN WAN

Assallamu`alaikum Sahabat Amini,dipenghujung Bulan Juli dan sekaligus masih di Bulan Syawal,ingin saya sampaikan kesan saya berbagi ilmu di kelas Komputer LPPI BRAWIJAYA TULUNGAGUNG site Tsuen Wan.

Untuk pelajaran komputer ini adalah ilmu praktek yang mengadaptasi perkembangan jaman dan selalu menglami upgrade dari tahun ke tahun.sesuai perkembangan kemajuan dan temuan ahli tekhnologi terbaru.
Dimana kita wajib mengikuti dan tak bisa menolak.

Tugas kita adalah mengikuti dan terus belajar dan membaca serta rajin mencari refrensi dari sumber -sumber yang terpercaya.Kuncinya pahami ,pelajari modul,buat catatan tentang kata baru dan kata sulit,kantongin,bila ada waktu cari di google,tanya ahlinya,atau kunjungi langsung website pabrikan aplikasi yang kita gunakan,karena disana akan disediakan secara komplit tutorial Q&A secara gamblang dan mendetail,tetapi kebanyakan memakai bahasa Inggris tutorialnya.Dan yang lebih utama sih bagi saya pribadi fokus ke materi yg sedang dipelajari akan memberikan hasil maksimal dan tujuan kita belajar komputer akan tercapai.

Jujur yang saya pelajari tahun 1999 dengan versi sekarang tentu saja perkembangannya sudah sangat berbeda jauh sekali.Hanya teori dasarnya ya sama saja seperti yang dimodul kuliah.Terima kasih Bunda Yati  sudah memberikan kami modul yang sangat mudah dipahami.

Mengenai Perbedaan nya tentu saja di upgrade variant aplikasi dari tehnologi komputer itu sendiri.Tugas kita memanfaatkan,mengembangkan dan menjabarkan serta terus berlatih dan jangan bosan praktek langsung membuat kreasi ide-ide baru yang murni dan sesuai kebutuhan kita dan apabila mungkin untuk kepentingan masyarakat luas.

Karena pada dasarnya semua ilmu itu,baik ilmu agama atau dunia itu ada tingkatannya.
Dari tingkat dasar hingga sempurna,ibarat sekolah dari TK sampai kuliah.
Tergantung kitanya mau tidak berusaha dan naik ke level tertinggi.Kira-kira begitulah saudaraku.
Jadi jangan puas dengan apa yang ada atau yang kita terima saat ini.

Terima kasih kepada Bunda,memberikan kesempatan kepada saya untuk dapat berbagi.Disini saya dipaksa untuk terus belajar memahami perkembangan dari versi Aplikasi Microsoft Office itu sendiri,Variant atau versi dan tipe Laptop yang berbeda beda setiap Mahasiswa sebanyak jumlah siswa dalam kelas. Dan ini adalah tantangan bagi saya pribafi untuk semakin mendalami dan mencari refrensi sebanyak banyaknya,memadukan dengan kebutuhan dan membuat resume agar lebih mudah diterima dan dipahami oleh saudara saya.

Kesan saya kepada saudara saya Mahasiswa LPPI BRAWIJAYA-TSUEN WAN,
Bangga,Bangga dan Salut tentu saja.
Kenapa?
karena saya melihat mereka sebagai Wanita wanita Cerdas,Tangguh,kompak dan rukun,serta memiliki semangat juang yang tinggi.Bayangkan mereka ke Hong Kong untuk Bekerja,bukan untuk belajar atau lanjut Pendidikan.Mereka rela sisihkan uang ,dan Ikhlas dan Rela waktu Libur nya tersita untuk lanjut Pendidikan.Yang utama lagi ,mereka Pandai mencari celah untuk belajar disela kesibukkan sebagai BMI.
Tolong dipertahankan ya Saudaraku.
Semoga Allah memudahkan segala urusan kita meraih cita-cita.aamiin

Apabila saat sekolah dahulu satu kelas isinya 30 pc komputer dengan model dan aplikasi yang sama sehingga ketika guru memberikan arahan kita bisa kompak dan langsung mengeksekusi materi.
Sedangkan disini sangat berbeda,20 siswa ,20 laptop,dengan merek dan type serta varian platform dan versi windows yang berbeda dan aplikasi office yang berbeda pula,dan tentu saja dengan 20 permasalahan yang berbeda-beda,It`s so Amazing Experience.

Dan yang lebih membahagiakan adalah laptopnya baru,dan dunia komputerisasi untuk pendidikan adalah hal baru dan asing bagi saudaraku semua.Walaupun tak dipungkiri BMI HK sudah familiar dengan Internet,smartphone dan Media Sosial Networking .

Saya jadi teringgat saat pertama masuk Lab Komputer berbagai reaksi dari teman saya,ada yang bilang "Tombolnya banyak amat Pak",
dan yg bingung sendiri dan saking tegangnya saat praktek pertama adalah pengenalan piranti komputer dimulai dari pemasangan kabel  ke sumber power alias colokan listrik ,dia malah pingsan,saat siuman ditanya katanya "saya pernah kesetrum Pak"

Lalu saat praktek mengetik surat ada yang lebih lucu,ketika kami dipaksa harus mengetik memakai 10 jari ada siswa yang dengan polosnya bertanya "Pak Tombol delete nya tidak keliatan Pak,ada disebelah mana sih" Atau tombol enter yang hanya berupa simbol dicari sampai bingung sendiri.

Kuncinya,jangan grogi duluan,pelan pelan,buka dan masuki satu persatu aplikasi dan menu yang ada dilaptop kita serta kira kira fungsinya apa.
Walau bahsa inggris kita masih kurang bagus,pakai nalar untuk memahaminya,buka kamus biar ndak salah arti.cari di google,youtube.

Namanya Mahasiswa atau pelajar itu harus rajin mendalami materi.tidak usah menunggu diarahkan atau diminta.jangan letih mencoba dan praktek.Dan Sayapun jujur masih jauh dari sempurna.

Semangat semuanya.

No comments:

Post a Comment