Saturday 14 January 2017

MENJADI MAHASISWA TUJUAN AKHIRNYA BUKAN MASALAH PERUT

Bismillahirrohmanirrohiim.
Alhamdulillah masih diberikan nafas kehidupan dan kesempatan untuk berbagi.Selamat kepada  saudara saya yang saat ini bergelar sebagai Mahasiswa ,karena anda sudah memutuskan hal yang baik dan benar didalam sejarah kehidupan Anda.Karena Gelar ini butuh Niat,Tekad dan Dana yang tidak sedikit.

Saya akan sangat Bangga dan mengucapkan selamat apabila tujuan utama anda menjadi Mahasiswa Bukan masalah untuk kejar gelar akademis atau kebanggaan,sajaTetapi lebih kepada kesadaran bahwa hakekat terciptanya kita kedunia ini adalah sebagai Khalifah atau pemimpin yang mampu membawa perubahan kebaikan bagi diri sendiri,keluarga,masyarakat dan lingkungan sekitar serta alam seluruhnya.Sehingga wajib Hukumnya untuk terus Menimba Ilmu Agama,pengetahuan dan ilmu Kehidupan.

Baiklah tak perlu muluk dan terlalu melebar Mahasiswa adalah orang yang belajar di perguruan tinggi, baik di universitas, institut atau akademi. Mereka yang terdaftar sebagai murid di perguruan tinggi dapat disebut sebagai mahasiswa.

Tetapi pada dasarnya makna mahasiswa tidak sesempit itu. Terdaftar sebagai mahasiswa di sebuah Perguruan Tinggi hanyalah syarat administratif menjadi mahasiswa, tetapi menjadi mahasiswa mengandung pengertian yang lebih luas dari sekedar masalah administratif itu sendiri.

Menyandang gelar mahasiswa merupakan suatu kebanggaan sekaligus tantangan. Betapa tidak, ekspektasi (harapan atau kemungkinan yang timbul) dan tanggung jawab yang diemban oleh mahasiswa begitu besar.

Pengertian mahasiswa tidak bisa diartikan kata per kata, Mahasiswa adalah Seorang agen pembawa perubahan. Menjadi seorang yang dapat memberikan solusi bagi permasalahan yang dihadapi oleh suatu masyarakat bangsa di berbagai belahan dunia.

Saat saya posting status tentang Fungsi dan peran Mahasiswa di halaman FB saya Ada yang bertanya maksud Peran Mahasiswa sebagai iron Stock apa ?
Bukan cadangan besi ya.Tapi lebih kepada Peran Regenerasi ,stok Calon Pemimpin Masa depan disemua Bidang sendi kehidupan Berbangsa,bernegara dan berAgama.

Inggatkan akan pepatah.
"Muda Berkarya ,Tua Berjaya"
"Rajin pangkal Pandai".
"Hemat Pangkal Kaya"
Bila generasi Muda saat ini malas belajar,malas menuntut ilmu,malas bekerja atau berkarya.Maka masa depan Bangsa ini dapat dipastikan akan mundur 1 Generasi.Karena hanya memiliki stok generasi Instan,yang rentan putus asa dan mudah menyerah.

Ini adalah PR besar Para Sepuh Bangsa Ini untuk menyiapkan Penggantinya.
PR Besar para orang Tua,Tokoh Agama,Tokoh Pendidikan dan Masyarakat seluruhnya.Agar tidak ada penyesalan dikemudian hari.

Tapi pada kenyataannya saat ini Para Muda kita malah disibukkan oleh urusan perut tidak ada penghargaan atas prestasi yang mereka hasilkan dan usahakan,Susahnya atau minimnya lapangan pekerjaan ,dibunuhnya mata pencaharian orang tua mereka.

Tak puas bentuk penjajahan moderen itu merajalelanya Virus Pola hidup yang menyimpang,Free sex,Narkoba,pemuja kemudahan dunia tanpa takut Dosa dan Dogma Takut Mati dan Takut Di Bully serta harus ikut trend kekinian duniawi agar disebut gaul.

Pembunuhan karakter ,sulitnya aturan dan kebijakan yang berubah-ubah pada dunia pendidikan serta intimidasi tokoh Keagamaan,Tokoh Pendidikan ,dan Tokoh penyuara Kebenaran.

Hal ini semakin membuat hilangnya kepercayaan diri dan nalar akan keilmuan yang dimiliki oleh Para Mahasiswa dan Generasi Bangsa Ini.Sehingga yang ada dibenak mereka Yang ada hanya memanfaatkan atau dimanfaatkan.Ikut atau terbuang.Sehingga yang ada hanya Generasi Lemah,Apatis, Tidak peduli dan tidak berani ambil resiko ,karna tidak ada harapan menurut benak mereka.Ini sangat menyakitkan dan ironi.

Yuk diingat kembali.
3 peran dan fungsi  Mahasiwa, yaitu :
1.Peranan moral.
Dunia kampus merupakan dunia di mana setiap mahasiswa dengan bebas memilih kehidupan yang mereka mau.
Disinilah dituntut suatu tanggung jawab moral terhadap diri masing-masing sebagai individu untuk dapat menjalankan kehidupan yang bertanggung jawab dan sesuai dengan moral yang hidup dalam masyarakat

2.Peranan sosial.
Selain tanggung jawab individu, mahasiswa juga memiliki peranan sosial, yaitu bahwa keberadaan dan segala perbuatannya tidak hanya bermanfaat untuk dirinya sendiri tetapi juga harus membawa manfaat bagi lingkungan sekitarnya.
3.Peranan Intelektual.

Mahasiswa sebagai orang yang disebut-sebut sebagai insan intelek dan mampu berfikir serta bertindak secara ilmiah dan memakai nalar.Tidak ngawur dan asal.
Maka Mahasiswa haruslah dapat mewujudkan status tersebut dalam ranah kehidupan nyata. Dalam arti menyadari betul bahwa fungsi dasar mahasiswa adalah bergelut dengan ilmu pengetahuan dan memberikan perubahan yang lebih baik dengan intelektualitas yang ia miliki selama menjalani pendidikan.

Maka lengkaplah peran mahasiswa itu sebagai pembelajar sekaligus pemberdaya yang didukung dalam tiga peran: Agent of change, social control, dan iron stock.Hingga suatu saat nanti, bangsa ini akan menyadari bahwa Mahasiswa adalah generasi yang di tunggu-tunggu bangsa ini.

Seharusnya Para Sepuh pemegang kebijakan Bangsa ini segera insaf dan berdialog dengan anak-anaknya yang sudah mendewasa dan siap memberikan estafet kepemimpinan  tanpa ada ketakutan dan was was masa tuanya akan dihantui dosa tanggung jawab.Karena menjadi Mahasiswa tujuan akhirnya bukan masalah perut saja.
A.D
CSH 14 Januari 2017

No comments:

Post a Comment